Tugas Utama Income Audit Hotel : Bagi Pemula

Tugas Income Audit Bagi Pemula

Income Audit di hotel merupkan bagian dari Departemen Accounting. Pekerjaan harian income audit adalah memeriksa laporan yang disusun oleh Night Audit. Laporan Night Audit adalah laporan akhir dari kegiatan jual beli kamar atau makanan selama satu hari berjalan atau bisa disebut juga dengan laporan penjualan harian. Laporan penjualan harian, terdiri dari pendapatan hasil penjualan makanan dan kamar. Laporan pendapatan hasil penjualan makanan dibuat oleh departemen F&B, dan Laporan Pendapatan hasil penjualan kamar dibuat oleh departemen Front Office.

Tahap yang dilakukan seorang Income audit dalam memeriksa laporan harian adalah :

1. Mencocokan Cash Receipt (Tanda Terima Uang) dengan Cashier Report By Payment 
    (Laporan Kasir Front Office yang bertugas) 

    Contoh :

    Tanda Terima Uang Deposit
    


     Laporan Front Office dari Sistem




    Pencocokan Transaksi Pada Laporan



    Langkah-langkah :
    a. Nomer Cash Receipt 
        - Sesuaikan nomer Cash Receipt manual dengan Laporan Sistem 
        - Nomer Cash Receipt harus berurutan dari nomer yang paling akhir digunakan
        - Nomer Cash Receipt tidak boleh lompat 
        - Pencocokan ini diulangi setiap hari, sesuaikan per hari.
    b. Sesuaikan nama sistem dan cash receipt
    c. Sesuaikan Nilai Total Pembayaran yang ada Pada Cash Receipt dan Pembayaran pada sistem
    d. Untuk pembayaran yang menggunakan Debit atau Credit Card, seorang Income Audit 
        Wajib memeriksa Setelmant, kertas gesekan
    e. Cocokan nomer kartu ********145 yang ada pada lembar kertas yang keluar pada saat 
        Card di Gesek pada Mesin Edisi, dengan nomer yang tertera di sistem.
    

2. Mencocokan Bill Resto dengan Sistem
  

    Langkah-langkah :
    a. Mencocokan harga yang ada pada bill dengan harga pada buku menu hotel
    b. Cocokan menu yang ada pada Bill resto dan Capten Order


        Captain Order adalah selembar kertas yang terdiri atas 3 rangkap berwarna putih, pink dan kuning          yang digunakan bagian pelayanan untuk menulis pesanan atau orderan tamu, dan merupakan dasar
        yang digunakan bagian dapur untuk membuat pesanan.
       
        Captian order digunakan oleh F&B Service pada saat menyampaikan ke dapur untuk membuat 
        makanan yang dipesan. Pihak dapur tidak akan membuat pesanan tamu jika petugas F&BService 
        tidak membawakan Captain Order.

        Jika ada perbedaan antara Captain Order dan Bill Restoran, Income Audit dapat mengangap 
        sebagai kesalahan.
  c.  Nomer Bill Resto harus berurutan penggunaannya sesuai hari ke hari.
       Misalnya : 
       Pada tanggal 07/08/21 bill terakhir digunakan adalah nomer 001, maka ditanggal 08/08/21
       Bill reseto yang digunakan harus di mulai pada nomer 002.

  d.  Nomer Captain Order harus berurutan penggunaannya sesuai hari ke hari.
       Misalnya : 
       Pada tanggal 07/08/21 Captain Order terakhir digunakan adalah nomer 001, maka ditanggal
       08/08/21. Nomer Captain Order yang digunakan harus di mulai pada nomer 002.
 
3. Mencocokan Nilai Penjualan Kamar, Nilai Penjualan Makanan dan Minuman dengan Daily 
    Revenue Report.

4. Tulikan nomer Tanda Terima Front Office, Bill Resto dan Captain Order, agar menjadi dasar        
    penomeran esok hari.

Catatan :
Jika hotel tempat kamu akan bekerja memiliki penjualan Paket Ruang Pertemuan, maka tugasmu adalah memeriksa nilai Banquet Order (Lembar yang digunakan untuk menginput nilai bisnis pihak ke-3 yang menyewa ruang pertemuan) sesuai dengan, nilai bisnis yang ada pada Banquet Order Event ( Selembar kertas yang dikeluarkan Sales Departemen, difungsikan untuk mengumumkan siapa penyewa ruang pertemuan, paket yang digunakan, beserta tugas masing-masing departemen). Periksaan Banque Order sama dengan pemeriksaan Bill Resto (Lembar yang digunakan untuk menginput nilai penjualan makanan dan mimuman).

Penulis : AHM. SE.,M.Si
        


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pedoman Kerja Karyawan Di Perhotelan Selama Pandemi Covid 19

Daftar Istilah Yang Digunakan Didunia Perhotelan